Tujuan diet pada dm tipe 2

Tujuh juta dari 12 juta penderita diabetes tersebut sudah terdiagnosis; sisanya tidak terdiagnosis.

Fisiologi Normal Insulin disekresikan oleh sel-sel beta yang merupakan salah satu dari empat tipe sel dalam pulau-pulau Langerhans pankreas.

Hal ini kurang jelas dan merupakan koleksi heterogen untuk berbagai kecenderungan diabetes melitus. Diabetes terutama prevalen di antara kaum lanjut usia. Terapi dengan OHO kombinasi, harus dipilih dua macam obat dari kelompok yang mempunyai mekanisme kerja berbeda.

Biasanya, seseorang yang menderita diabetes mellitus mempunyai anggota keluarga yang juga terkena penyakit tersebut. Kurang gerak badan Makin kurang gerak badan, makin mudah seseorang terkena diabetes.

Jika telah berkembang penuh secara klinis, maka diabetes mellitus ditandai dengan hiperglikemia puasa dan postprandial, aterosklerotik dan penyakit vascular mikroangiopati, dan neuropati. Sebab, melojaknya angka kejadian diabetes tipe 2 sangat terkait dengan obesitas.

Prinsip pengaturan pola makan didasarkan pada status gizi pasien diabetes dan melakukan modifikasi diet dengan memperhatikan gaya hidup serta pola kebiasaan makan. Pelaksanaan terapi pada pasien Diabetes Melitus DM ada empat pilar yang perlu diperhatikan, yaitu: Konsep Diabetes Melitus 1.

Pada penyandang diabetes perlu ditekankan pentingnya keteraturan makan dalam hal jadwal makan, jenis dan jumlah makanan, terutama pada mereka yang menggunakan obat penurun glukosa darah atau insulin.

Hal ini penting untuk melakukan screening dalam keluarga guna mendeteksi diabetes sedini mungkin. Penggunaan bahan darah utuh whole bloodvena ataupun kapiler tetap dapat dipergunakan dengan memperhatikan angka-angka kriteria diagnostik yang berbeda sesuai pembakuan oleh WHO.

Tandra Hans, b. Diabetes berada dalam urutan ketiga sebagai penyebab utama kematian akibat panyakit arteri koroner yang tinggi pada para penderiat diabetes. Diyakini bahwa sel-sel lemak akn lebih besar tidak merespon insulin dengan baik.

Patofisiologi Diabetes Tipe II ini adalah jenis yang paling sering dijumpai. Defek sekresi insulin Defek sekresi insulin berperan penting bagi munculnya diabetes melitus tipe 2.Diabetes tipe 2 pada mulanya diatasi dengan meningkatkan olahraga dan modifikasi diet.

Bila kadar glukosa darah tidak turun melalui cara ini, pengobatan misalnya dengan metforminatau insulin, ICD E  · Jika pada diabetes melitus 1 penyebab utamanya adalah dari malfungsi kalenjar pankreas, pada diabetes melitus tipe 2, gangguan utama justru terjadi pada volume reseptor (penerima) hormon insulin, yakni sel-sel darah.

· Karena itu, tujuan utama terapi diet pada DM Tipe 2 adalah menurunkan dan atau mengendalikan berat badan di samping mengendalikan kadar gula dan kolesterol seperti disebutkan di atas. Semua ini harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan mencegah atau paling tidak menunda terjadinya komplikasi akut maupun kronis.

Diabetes melitus tipe 2

Penurunan berat badan pada pasien-pasien DM Tipe 2. Namun, belakangan ini, dengan makin banyknya anak yang mengalami obesitas, angka kejadian diabetes tipe 2 pada anak dan remaja pun meningkat. (Tandra Hans, ) (Tandra Hans, ) Risiko diabtes meningkat sejalan bertambahnya usia, terutama setelah usia 40 tahun, karena jumlah sel-sel beta didalam pancreas memproduksi insulin menurun seiring bertambahnya umur.

Prinsip penanganan diet DM tipe 2 sama seperti DM tipe 1, namun pemberian insulin mutlak diberikan kepada pasien yang menderita DM tipe 1. Tujuan diet Diabetes Mellitus Tipe 2 vsfmorocco.com: Pratiwi Ari Puspita.

Pada DM Tipe 2 jumlah insulin normal, malah mungkin lebih banyak tetapi reseptor insulin yang terdapat pada permukaan sel kurang.

Reseptor inSulin ini diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk ke dalam sel. Pada keadaan tadi jumlah lubang kuncinya yang kurang, hingga meskipun anak kuncinya (insulin) banyak, tetapi karena lubang kuncinya (reseptor) kurang, maka glukosa yang masuk sel akan.

Tujuan diet pada dm tipe 2
Rated 3/5 based on 63 review