Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf

Tanda-tanda vital: Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Kondisi ibu saat hamil: Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gangguan atau hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak. ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap.

Keadaan status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin. Titer torch sesuai indikasi. Bila bayi dirawat dalam inkubator, maka suhunya untuk nayi dengan berat badan kurang dari gram adalah 35 0C dan untuk bayi dengan BB gram sampai gram 34 0C, agar ia dapat mempertahankan suhu tubuh sekitar 37 0C.

Faktor ibu Penyakit: Prognosis ini juga tergantung dari keadaan sosial ekonomi, pendidikan orang tua dan perawatan pada saat kehamilan persalinan dan post natal pengaturan suhu lingkungan, resusitasi, nutrisi, mencegah infeksi, mengatasi gangguan pernapasan, asfiksia hiperbilirubinemia, hipoglikemia dan lain — lain.

Pernapasan Fungsi pengaturan pernapasan belum sempurna Surfaktan paru-paru masih kurang, sehingga perkembangannya tidak sempurna Otot pernapasan dan tulang iga lemah Dapat disertai penyakit: Usia remaja memberikan risiko terjadinya kelahiran BBLR empat kali lebih besar dibandingkan dengan kelahiran pada usia reproduktif sehat.

Usia ibu: Bayi preterm mempunyai lebih sedikit simpanan garam empedu, yang diperlukan untuk mencerna dan mengabsorbsi lemakdibandingkan bayi aterm. Karena sangat sensitif dan rapuh, maka sabun yang berbasis alkalis yang dapat merusakmantel asam tidak boleh digunakan.

ASI merupakan pilihan pertama, dapat diberikan melalui kateter sondeterutama pada bayi yang reflek hisap dan menelannya lemah. Perubahan tersebut antara laian: Bayi berat lahir rendah secara relative memerlukan lebih banyak kalori, dibandingkan dengan bayi preterm.

Keadaan sosial ekonomi: Anemia gizi dapat mengakibatkan kematian janin didalam kandungan, abortus, cacat bawaan, BBLR, anemia pada bayi yang dilahirkan, hal ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas ibu dan kematian perinatal secara bermakna lebih tinggi.

Hampir semua lemak, glikogen, dan mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor dan seng dideposit selama 8 minggu terakhir kehamilan. Latar belakang sosial budaya: Pmberian minum di mulai saat bayi berumur 3 jam.

Dalam kondisi seperti ini diperlukan pembersihan jalan napas segera setelah lahir aspirasi lendirdibaringkan pada posisi miring, merangsang pernapasan dengan menepuk atau menjentik tumit.

Upaya menghindari terjadinya infeksi karena transmisi penyakit melalui tali pusat Lakukan perawaatan personal hygiene Rasional: Ikterus Semua bayi prematur menjadi ikterus karena sistem enzim hatinya belum matur dan bilirubin tak berkonjugasi tidak dikonjugasikan secara efisien sampai hari berlalu.

Bayi dengan berat badan lahir rendah dapat merupakan hasil dari umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang normal, umur gestasi yang normal dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu, atau umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu.

Kehamilan pada umur lebih dari 35 tahun juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk terjadinya kelahiran BBLR sehubungan dengan alat reproduksinya telah berdegenerasi dan terjadi gangguan keseimbangan hormonal. Jaringan lemak bawah kulit sedikit, tulang tengkorak lunak dan mudah bergerak, abdomen buncit, tali pusat tebal dan segar, menangis lemah, kulit tipis, merah dan transparan.

Pengaruh jenis kelamin terhadap kejadian BBLR Perbedaan jenis kelamin ikut berperan pada berat badan lahir.

Laporan Pendahuluan BBLR pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf

Produksi amilase pankreas dan lipase, yaitu enzim yang terlibat dalam pencernaan lemak dan karbohidrat juga menurun. Risiko ini berhubungan dengan jumlah alkohol yang diminum setiap harinya, usia kehamilan saat ibu hamil minum alkohol dan lamanya ibu tersebut mengkonsumsi minuman beralkohol.

Pengaruh faktor kehamilan ganda terhadap kejadian BBLR Pada ibu dengan kehamilan ganda membutuhkan asupan makanan yang lebih dibandingkan ibu yang hamil tunggal, sehingga apabila kebutuhan janin tidak tercukupi secara merata maka mengakibatkan bayi yang lahir mempunyai berat badan yang rendah.

Pemantauan elektrolit.Klasifikasi Ada beberapa cara dalam mengelompokkan BBLR (Proverawati dan Ismawati, ): a. Menurut harapan hidupnya 1) Bayi berat lahir rendah (BBLR) dengan berat lahir gram. 2) Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR) dengan berat lahir gram.

3) Bayi berat lahir ekstrim rendah (BBLER) dengan berat lahir kurang dari gram. b. Menurut masa gestasinya 1).

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Menurut Maryunani dkk, () adapun tanda dan gejala yang terdapat pada bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah: a. Berat badan. · Laporan Pendahuluan (LP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf.

Bayi berat badan lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari gram (WHO, ).

Berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir. (Huda dan Hardhi, ). Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice. Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat badan bayi yang baru lahir tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Misalnya bayi yang lahir dengan berat badan. Pdf dateien bearbeiten kostenlos download.

Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf
Rated 0/5 based on 62 review