Kebutuhan kalori sehari

Fungsi Karbohidrat Merupakan sumber energi utama, atau berperan zebagai zat tenaga dalam tubuh. Secara umum ada tiga kategori aktivitas fisik yang dilakukan yaitu ringan, sedang, dan berat.

Level Aktivitas Fisik Tidak aktif tidak berolahraga sama sekali 1,2 Cukup aktif berolahraga x seminggu 1, Begitu contohnya secara umum. Dua orang yang kembar sekalipun akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada keadaan fisik dan aktivitasnya sehari-hari.

Dengan kata lain, Anda mengurangi kkal. Sumber-sumber Karbohidrat Sebagai orang indonesia, tidak sulit untuk menemukan sumber karbohidrat, kebutuhan kalori sehari itu karbohidrat sederhana maupun karbohidrat kompleks.

Orang yang memiliki tingkat aktivitas tinggi, seperti atlit dan pekerja berat, juga membutuhkan asupan protein jauh lebih tinggi. Sementara aktivitas fisik berat dikalikan dengan 1,4. Wanita berusia tahun dengan berat badan 54 kg dan tinggi cm membutuhkan energi kkal per hari. Jika aktivitas fisik Anda rendah, maka dikalikan dengan 1,2.

Tubuh kita juga menggunakan protein untuk membuat enzim, hormon, dan bahan kimia tubuh lainnya. Semakin aktif seseorang tentu semakin banyak energi yang diperlukan, artinya perlu mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak. Dalam ilmu gizi, kita akan mengenal bahwa untuk mendapatkan berat badan yang ideal, asupan kalori harus seimbang dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Penghemat fungsi protein, ketika energi tercukupi oleh karbohidrat, maka protein akan dihemat sesuai fungsi utamanya yaitu untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak. Mudahnya, kalori adalah satuan energi yang masuk dan keluar ditubuh kita. Setengahnya berada didalam otot, sedangkan sisanya ada dalam tulang, kulit, rambut, kuku.

Formula yang sering digunakan adalah rumus Harris-Benedict, namun formula ini terkadang memberikan hasil yang kurang tepat1untuk kasus tertentu sehingga disarankan untuk menggunakan rekomendasi dari ADA American Dietetic Association dengan rumus perhitungan Mifflin — St.

Sementara karbohidrat sederhana dicerna dan diserap oleh tubuh dengan mudah dan cepat. Aktivitas ringan persen: Coba deh Anda hitung. Adapun detail program dan langkah-langkah bagaimana menurunkan berat badan, bisa Anda simak klik di sini. Menurut Ida ada cara yang lebih mudah untuk menentukan kebutuhan kalori ini.

Semoga bermanfaat. Baca juga: Antibodi dan enzim-enzim yang berperan dalam kekebalan juga dibentuk dari protein. Berat - individu yang memiliki berat 90 kg akan memerlukan lebih banyak protein dibandingkan dengan seseorang yang memiliki berat 55 kg.

Fungsi protein Bertumbuh kembang, dan pemeliharaan atau sebagai zat pembangun. Formula tersebut berfungsi dalam menentukan tingkat basal metabolisme atau biasa dikenal sebagai basal metabolic rate BMR yaitu jumlah kebutuhan energi minimal dalam menjalankan proses vital organ tubuh misalnya memperbaiki sel, memompa darah, dan mempertahankan suhu.

Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh Dalam Menjaga Berat Badan

Secara garis besar sumber karbohidrat bisa kita kelompokan menjadi tiga, yaitu sumber karbohidrat yang mengandung serat, pati atau tepung-tepungan, dan gula. Sebelum kita ngebahas penjelasan makronutrisi, aku mau sedikit menyingung masalah kalori.

Gampang, kerap di setiap bagian belakang kemasan makanan dan minuman itu kan ada tercantum nilai informasi gizi nutrition facts -nya.Kebutuhan kalori per hari yang dimiliki tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, gaya hidup, serta tinggi dan berat badan.

Kalori sendiri merupakan ukuran banyaknya energi yang terkandung dalam asupan makanan atau minuman. Kebutuhan basal (KB) adalah kebutuhan minimal yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan saat tidur atau istirahat. "Ini merupakan kebutuhan energi dan kalori yang paling mendasar untuk menggerakan jantung, paru, usus dan pencernaan saja," jelasnya.

Kebutuhan basal laki-laki dan perempuan ini berbeda satu sama vsfmorocco.com: Hesti Pratiwi.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari

Kebutuhan kalori setiap hari masing-masing orang berbeda. Cara menghitung kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda, karena akan dihitung berdasarkan jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, komposisi tubuh, aktivitas, hingga keadaan fisik masing-masing.

· penjelasan mengenai apa itu makronutrisi, mikro nutrisi, penjelasan dan jumlah konsumsi karbohidrat, protein dan lemak. Serta hubungannya dalam pemenuhan kebutuhan kalori sehari-hari.5/5. Kebutuhan kalori harian adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap hari, untuk menjalankan fungsi utama tubuh, dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan kalori harian ini bisa Anda gunakan sebagai acuan berapa banyak makanan yang harus Anda konsumsi per harinya. Maka total kebutuhan kalori Rina dalam sehari sejumlah kkal. Perhitungan kebutuhan kalori dengan formula hanya akan memberikan hasil estimasi karena pengukuran kalori yang sangat akurat membutuhkan alat yang cukup mahal dan tidak vsfmorocco.com: Arizta Primadiyanti.

Kebutuhan kalori sehari
Rated 5/5 based on 77 review